Slow Living: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya

Pada zaman sekarang ini, menuntut semua orang harus cepat mengerjakan sesuatu. Hal ini tentu sangat wajar mengingat perkembangan sangat cepat dan mau tidak mau kita juga harus cepat. Namun taukah kamu bahwa terlalu cepat mengerjakan segala sesuatu membuat kita tidak menikmati setiap waktu yang dikerjakan.

Oleh karena itu, muncullah istilah Slow Living. Slow living adalah kegiatan yang berkebalikan dari gaya urban yang dimana semua serba terburu-buru. Slow living membuat Anda menjalani hidup dan kegiatan lebih santai dan makin berkualitas. Gaya hidup ini bertujuan untuk mengajarkan kita supaya lebih menikmati setiap detik yang kita punya. Tujuan akhirnya adalah supaya kamu terbebas dari stress yang mengganggu.

Manfaat Slow Living

Konsep dasar dari slow living adalah menitik beratkan pada memanfaatkan waktu secara berkualitas dan sebaik mungkin. Walau terkadang terkesan tidak terlalu signifikan tetapi lama kelamaan ini akan berdampak pada penurunan stress yang kamu rasakan. Selain itu disini kamu akan mengatur waktu sebaik mungkin sehingga terbebas dari depresi karena kekurangan waktu.

Penerapan slow living dalam gaya hidup sehari – hari

  • Melakukan sesuatu yang dianggap perlu

Prinsip dasarnya adalah mengoptimasi waktu yang kamu punya. Kamu harus menjawab pertanyaan dari berbagai rutinitasmu seperti apakah perlu merokok, ke salon, nongkrong di coffee shop setiap waktu yang biasa kamu jadwalkan? Jika pertanyaan tersebut terjawab maka kamu bisa memaksimalkan waktu yang kamu punya.

  • Hindari Multitasking

Banyak yang beranggapan bahwa multitasking adalah hal yang baik dan bagus. Namun pada kenyataannya hal ini akan berakibat pada meningkatnya stress karena konsentrasi terpecah. Jadi kamu sebaiknya fokus terhadap satu hal saja.

  • Menikmati ketenangan waktu

Setiap manusia membutuhkan ketenangan hidup. Ketika tidur baiknya kamu mematikan berbagai perangkat yang akan mengganggu tidurmu. Biasakan istirahat dengan kondisi smartphone juga istirahat. Hal ini akan memaksimalkan jam istirahatmu menjadi lebih maksimal.

  • Berhenti Online

Banyak orang yang kebab-blasan ketika berselancar di dunia maya. Oleh kerena itu sebaiknya kamu adakan hari tanpa harus online.

  • Gunakan ringtone rendah

Gunakan nada ring tone yang rendah dan tidak kencang akan mengurangi stress loh. Kebiasaan ini secara tidak sadar akan mengatur alam bawah sadarmu supaya tidak terganggu dengan hal – hal yang bisa merusak kenyamanan.

  • Menikmati detail positif

Ketika hari hujan maka anda mungkin akan merasakan kecewa karena tidak bisa beraktifitas yang luar ruangan. Tetapi ketika kamu positif maka kamu bisa mulai bersyukur dan menghitung berapa banyak waktu yang bisa kamu nikmati ketika tidak hujan dan ketika hujan.

Jadi, prinsip slow living ini merupakan langkah sederhana yang mengubah dunia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *